Rabu, 16 September 2015

Kota kecil nan tercinta, Lumajang

Assalamualaikum wr. wb ...

Halooo ukhti, halo ikhwan ..
Di sini saya akan menceritakan tentang Lumajang. Kota kecil penuh damai di timur Jawa Nusantara. Meskipun hanya kota kecil, di atlas, google map, dan peta lainnya, Lumajang masih ada kok. Lumajang juga merupakan kota yang sudah sangat tua, sekarang berumur 759 tahun.Mengapa bisa setua itu? Ini dikarenakan Lumajang berdiri sejak zaman pemimpinan kerajaan Singosari.
Mungkin, banyak sekali dari teman-teman yang belum tahu tentang Lumajang ini, untuk itu saya akan membahas all about Lumajang di sini. Mulai dari budaya, makanan, tempat wisata, dan ciri khas dari kota ini.

1. Budaya 
    Setiap tahunnya, Lumajang selalu merayakan ulang tahunnya, yang biasa disebut Harjalu (Hari Jadi Lumajang) pada tanggal 15 Desember. Perayaan Harjalu selalu ramai, karena begitu banyak kegiatan untuk memperingatinya. Beberapa kegiatan diantaranya adalah Karnaval Seni Budaya, LOS Carnival, Lumajang Fair, dan lain-lain. Tapi ada satu kegiatan khas dan yang paling unik menurut saya, yaitu CANDIL (Candipuro-Lumajang). Jadi acara ini mengajak para pesertanya untuk berjalan kaki dari desa Candipuro ke kota Lumajang yang memiliki jarak tempuh 27 kilometer. Acara ini dimulai pada sore hari. Kegiatan ini disamping untuk merayakan Harjalu, juga sebagai sarana olahraga dan rekreasi yang murah meriah bagi masyarakat.


2. Makanan
    Lumajang juga memiliki makanan khas loh, berikut informasinya 
  1.  Pisang Agung
         
       Pisang agung merupakan makanan khas Lumajang yang popular, pisang yang dimaksud itu bukan sekedar pisang biasa lo Melainkan, Pisang Agung yang bentuk dan ukurannya memang seperti tanduk yanga bentuknya sangat panjang. Ukurannya bisa mencapai 2 atau 3 kali lebih panjang  jika dibandingkan ukuran pisang biasa.

   2. Lupis Lumajang
       
   Lupis ini terbuat dari beras ketan yang kemudian direbus dalam waktu lama. Untuk pembuatannya mirip seperti  lontong. Makanan ini ketika dimakan  menimbulkan kesan kenyal-kenyal di lidah. Lupis biasanaya juga dipadukan dengan tambahan cenil, klepon dan apem.

   3. Lontong Petis
   Lontong petis ini merupakan makanan seperti lontong, ketupat, dan lepet, makanan khas lumajang yang berbentuk prisma ini biasanya dai sajikan dengan sayur daging ayam, telur, tahu, kentang diolah menjadi satu. untuk tambahanya yaitu petis.


   4. Pecel Telo
       

   
Pecel telo khas Lumajang ini merupakan makanan yang terbuat dari sayur-sayuran atau jantung pisang, semanggi, genjer, kacang panjang dan kecambah, yang kemudian diberi bumbu yang bahan bakunya dari ubi jalar.

   5. Bledus Khas Lumajang


Bledus ini adalah makanan yang terbuat dari jagung pipil kering kemudian direndam semalaman, terakhir bledus ini direbus dalam waktu yang lama,. biasanya dalam penyajianya dengan ditabur kelapa parut.

 Nah, kalau mampir ke Lumajang, jangan lupa untuk coba-coba makanan di atas ya. Dijamin wenak :D 

Sumber :  http://makananindonesia-top.blogspot.co.id/2014/10/makanan-khas-lumajang-jawa-timur.html



3. Tempat Wisata
    Lumajang? Tempat wisata? Hah sudah tidak diragukan sekali. Lumajang punya banyak sekali wisata alam. Mulai danau, gunung, pantai, pemandian, dan lain-lain. Langsung saya tunjukkan beberapa tempat wisatanya ya, biar ngiler :D


Ranu Kumbolo


Ranu Pane





Puncak B29

Pemandian Alam Selokambang

Goa Tetes


   Ayooooo main ke Lumajang, dijamin ngga nyesel :D 

4. Ciri Khas
    Yang menjadi lambang dan sebagai ciri khas kota Lumajang ialah PISANG AGUNG. Pisang ini memiliki ukuran yang sangat besar, oleh karena itu pisang ini dinamakan pisang agung. Ukurannya bisa sebesar lengan orang dewasa loh. Pisang ini sangat enak untuk bahan pembuatan makanan/ cemilan berbahan dasar pisang, karena ukurannya besar dan mudah dipotong.





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar